Panduan untuk Membangun Studio Perekaman Rumah Anggaran Rendah

Panduan untuk Membangun Studio Perekaman Rumah Anggaran Rendah

Selain pertumbuhan teknologi komputer dan Internet yang semakin inovatif, banyak tren baru muncul di dunia online. Salah satunya adalah tren cover lagu dan video musik melalui YouTube dan berbagai situs web berbagi klip video lainnya. Tidak hanya merawat untuk mengumpulkan subkonten yang banyak, beberapa artis sampul yang agak efektif bisa mengkomersilkan pekerjaan mereka dengan memasarkan cover-cover tune di iTunes serta platform sejenis lainnya.

Jika Anda suka menyanyi dan memiliki kemampuan suara yang terdengar manis, jangan menunggu dulu untuk meramaikan acara sampul lagu ini. Siapa yang tahu suara Anda dan juga bakat yang cukup untuk 'menawarkan'. Jika Anda tidak memiliki kepercayaan diri yang memadai, cobalah untuk mengundang teman dekat yang memiliki hobi yang sama serta kemampuan untuk membentuk tim vokalis penutup.

Panduan untuk Membangun Studio Perekaman Rumah Anggaran Rendah

Berikutnya sebagai vokalis penutup, memiliki workshop rekaman atau rekaman studio sederhana adalah suatu keharusan. Istirahat, dengan teknologi komputer yang ada, Anda dapat membangun sebuah workshop rekaman individu dengan rencana pengeluaran yang sangat kecil. Jauh lebih hemat biaya dan juga produktif dibandingkan dengan menyewakan bengkel.

Nah, berikut ini ikhtisar bagi Anda untuk membangun workshop rekaman tinggal dengan murah.

Komputer sudah cukup

Pertama, Anda membutuhkan sistem komputer dengan kinerja yang sesuai. Tingkat Cpu dan kemampuan memori sangat penting karena fakta bahwa aplikasi perangkat lunak perekaman cenderung menguras sumber daya komputer. Untuk os, Windows dan Mac sama-sama dipercaya. Pilih saja bahwa Anda sudah familiar. Namun demikian, jika menggunakan Windows, tentu akan kurang rumit untuk memperbarui kartu suara karena biasanya kartu audio default fasilitas pabrik (onboard) tidak cukup memadai untuk menghasilkan rekaman suara berkualitas tinggi.

Rekaman perangkat lunak.

Elemen ke-2 yang Anda butuhkan adalah aplikasi atau perangkat lunak perekaman yang memberikan antarmuka untuk mengelola rekaman Anda di komputer. Ada aplikasi perangkat lunak gratis dan ada pula yang berbayar. Biaya ekstra mahal dari program perangkat lunak biasanya semakin banyak atribut dan kemudahan yang disediakan.

Untuk meminimalkan aggaran, cukup gunakan program perangkat lunak videotaping dengan sertifikat freeware atau shareware. 2 dari aplikasi perekam perangkat lunak bebas yang paling disukai dan juga digunakan secara luas adalah Audacity dan juga GarageBand. Namun jika Anda memiliki rencana pengeluaran yang cukup, program perangkat lunak perekaman berkualitas profesional seperti Ableton Live atau Cakewalk Sonar dapat menjadi alternatif. Kedua aplikasi ini tersedia dalam versi entry-level yang lebih terjangkau.

Antarmuka pengguna audio

Antarmuka audio adalah gadget yang akan menghubungkan instrumen musik Anda serta sistem mikrofon ke komputer dengan mixer. Pada dasarnya fungsi antarmuka audio sama dengan kartu suara tetapi kualitas rekaman yang dihasilkan lebih baik daripada kartu audio onboard. Jika menggunakan PC, antarmuka pengguna audio dapat langsung dicolokkan ke port PCI kosong sementara untuk Mac, sepertinya Anda harus mencari antarmuka pengguna yang dapat dihubungkan ke kabel USB atau FireWire.